Prospek Kerja Bidang Farmasi

adi.t
Posts: 28
Joined: Thu Oct 16, 2014 12:58 pm

Prospek Kerja Bidang Farmasi

Postby adi.t » Mon Jan 04, 2016 2:56 pm

Farmasi adalah jurusan yang terkait dengan ilmu kedokteran dan kimia. Jika kedokteran memfokuskan penyembuhan pasien lewat penanganan secara langsung, Farmasi memfokuskan tentang obat-obatan yang berguna untuk menyembuhkan pasien. Farmasi mempelajari mulai dari pembuatan obat, nasib obat di dalam tubuh, ramuan tradisional, farmasetika, dan pelayanan obat kepada pasien termasuk menjelaskan kepada pasien tentang indikasi,efek samping,dan tata cara penggunaannya obatnya yang benar.. Lulusan jurusan farmasi akan mendapatkan gelar Amd.Far untuk lulusan D3 Farmasi , Sarjana Farmasi (S. Farm) untuk lulusan dari S1 Farmasi, dan di belakang namanya ditambah dengan gelar profesi Apoteker (Apt.). Bagaimana dengan prospek kerjanya ?

Ada banyak tempat pekerjaan yang sangat memerlukan tenaga farmasi. Berikut tempat-tempat pekerjaan yang memerlukan tenaga farmasi :

Pemerintah
Bidang pemerintahan juga memberikan lowongan bagi penyandang gelar sarjana farmasi. Bebarapa diantaranya adalah Dinas Kesehatan hingga Departemen Kesehatan. Lulusan farmasi yang bekerja di instansi pemerintahan tersebut biasanya ditempatkan sebagai pengamat obat-obatan.

Kesehatan
Sudah jelas Prospek Kerja yang masuk ke dalam bidang kesehatan merupakan yang paling menjanjikan. Sebagai sarjana farmasi, anda dapat bekerja di sebuah instansi kesehatan macam rumah sakit, apotik, maupun puskesmas. Anda akan dipekerjakan sebagai pengembang, Apoteker, pengamat, pengolah serta peracik obat-obatan.

Industri
Dalam bidang perindustrian, lapangan pekerjaan bagi lulusan jurusan farmasi tentu saja sangat terbuka lebar. Di Indonesia, banyak industri atau perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan dan memproduksi obat-obatan. Para alumni jurusan farmasi tentu saja sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan tersebut.

Peneliti
Jika anda merupakan seseorang yang ingin menemukan sesuatu yang baru dalam dunia kesehatan, anda sebagai lulusan farmasi juga dapat menjadi peneliti. Penelitian yang dilakukan sudah pasti penelitian mengenai obat-obatan. Anda dapat mencalonkan diri sebagai peneliti di sebuah instansi penelitian.


Beberapa Prospek Kerja Jurusan Farmasi di atas merupakan bukti bahwa jurusan farmasi merupakan jurusan yang memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Mulai yang termasuk ke dalam bidang kesehatan, pemerintahan, industri maupun peneliti. Melalui artikel ini diharapkan dapat memotivasi anda yang ingin masuk dan mempelajari ilmu farmasi. Bukan hanya menjadi ahli dalam peracikan obat tetapi juga dalam pengabdian kepada masyarakat.

Savira
Posts: 2
Joined: Thu Dec 28, 2017 6:00 pm

Re: Prospek Kerja Bidang Farmasi

Postby Savira » Fri Dec 29, 2017 9:16 am

Berarti memang jurusan farmasi punya prospek kerja yang menjanjikan ya, thanks informasinya
Minyak Kayu Putih dengan Campuran 3 Jenis Minyak Alami

arxenin
Posts: 1
Joined: Tue May 26, 2020 6:12 pm

Re: Prospek Kerja Bidang Farmasi

Postby arxenin » Tue May 26, 2020 6:28 pm

jurusan farmasi juga sebenarnya bisa punya usaha apotek sendiri. Beberapa kenalan saya ada yang dari punya 1 apotek kecil sampai punya beberapa cabang yang logonya suka wira wiri di sosial media.
sedang belajar desain logo perusahaan


Return to “Farmasi”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 3 guests