8 Prospek Kerja Terbaik Lulusan Ilmu Komunikasi

admin
Site Admin
Posts: 26
Joined: Tue Sep 30, 2014 4:07 pm

8 Prospek Kerja Terbaik Lulusan Ilmu Komunikasi

Postby admin » Wed Jul 01, 2015 2:54 pm

Kita tidak bisa untuk tidak berkomunikasi. Segala hal yang kita lakukan, dalam tujuan apapun, tentu memerlukan proses komunikasi. Proses menyampaikan pesan dari komunikator (penyampai pesan) kepada komunikan (penerima pesan) melalui suatu media atau cara hingga akhirnya menimbulkan suatu efek atau timbale balik, mungkin terlihat begitu sederhana. Namun, apa sih yang sebenarnya dipelajari di dunia komunikasi ini?

Seiring dengan berkembangnya zaman, waktu dan teknologi yang kian pesat, tentu segala unsure hidup kita menerima banyak pengaruh dari hal – hal baru. Hal – hal baru tersebut tentu mempengaruhi cara kita berkomunikasi. Cara berkomunikasi manusia jaman purba, jaman 90-an, dan saat ini, tentu berbeda – beda bukan? Nah, dengan menjunjung tinggi modernitas, studi Ilmu Komunikasi terus menjadi bidang ilmu yang kritis untuk selalu menyajikan strategi yang tepat untuk menyampaikan suatu pesan, tergantung pada konteksnya, unsurnya, hingga isi pesannya.

Seperti yang kita ketahui, studi Ilmu Komunikasi memiliki cabang yang cukup banyak. Broadcasting, jurnalistik, public relations, advertising, manajemen media, komunikasi pemasaran, komunikasi massa, komunikasi bisnis, dan masih banyak lagi. Biasanya, bila kita memilih salah satu dari cabang Ilmu Komunikasi tersebut, kita juga paham akan cabang – cabangnya yang lain. Namun, pada cabang Ilmu Komunikasi yang kita pilih itulah kita akan menjadi ahli di dalamnya. Lantas, apa saja sih, prospek kerja lulusan Ilmu Komunikasi dengan gelar S.Ikom ini? Yuk, kita simak bersama – sama.

Image

1. Broadcaster / Tenaga di dunia penyiaran

Menjadi produser, sutradara, reporter, copy writer dan lain – lain yang terlibat dalam dunia penyiaran, adalah salah satu prospek kerja yang paling empuk dari dunia Ilmu Komunikasi. Seperti yang kita ketahui, bahwa dunia penyiaran pada dasarnya ialah proses menyampaikan suatu pesan melalui media massa seperti televisi, radio ataupun surat kabar kepada masyarakat. Nah, dalam proses penyampaian pesan itulah lulusan Ilmu Komunikasi dituntut untuk dapat menentukan strategi agar pesan yang disampaikan mudah diterima oleh masyarakat sesuai dengan segmentasinya. Bidang kerja broadcasting biasanya ditempatkan di stasiun televisi, radio, ataupun kantor – kantor surat kabar, tabloid maupun majalah.


2. Jurnalis

Jurnalistik adalah bagian dari Ilmu Komunikasi. Studinya yang mempelajari bagaimana mengemas suatu berita menjadi sebaik mungkin untuk dapat disebarkan ke masyarakat luas, merupakan salah satu bentuk bagaimana seseorang dapat menyampaikan pesan secara efektif melalui suatu media. Dalam dunia Ilmu Komunikasi, jurnalistik merupakan mata kuliah wajib yang harus dipelajari. Kemampuan menulis, peka terhadap kondisi sosial di sekitarnya, serta kemampuan menyampaikan dan memilih memilah mana berita yang layak untuk disebarkan dan mana yang tidak layak disebarkan, menjadi beberapa hal yang bisa diperoleh dari mempelajari jurnalistik. Jurnalistik memang ilmu yang dapat dipelajari oleh siapapun, tidak harus lulusan Ilmu Komunikasi. Namun, lulusan Ilmu Komunikasi tentu memiliki kemampuan yang lebih dalam dunia jurnalistik ini. Bidang kerja dari seorang jurnalis antara lain menjadi reporter, news anchor (penyiar berita), news dubber, wartawan media massa, baik di televisi, radio ataupun surat kabar cetak.


3. Announcer dan presenter

Kemampuan menyampaikan pesan dengan baik dan dapat menarik perhatian khalayak, tentu menjadi bagian yang dipelajari oleh lulusan Ilmu Komunikasi. Kemampuan tersebut pun sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang announcer atau penyiar radio, hingga menjadi seorang presenter di televisi, baik untuk acara olahraga, berita resmi, gossip, dan lain – lain. Lulusan Ilmu Komunikasi selalu dituntut untuk pandai berbicara dengan efektif dalam menyampaikan maksud dan tujuannya. Hal tersebutlah yang menjadikan posisi penyiar atau presenter menjadi sasaran yang tepat sebagai prospek kerja lulusan Ilmu Komunikasi.


4. Master of Ceremony (MC)

Bila announcer dan presenter hanya tertuju dalam sebuah media massa saja, maka pekerjaan sebagai MC pun bisa diposisikan dalam berbagai perhelatan event. Menjadi MC tentu membutuhkan kualitas gaya bicara yang baik, pandai menempatkan diri, dan mampu membawa acara menjadi sesuai harapan. Unsur – unsure komunikasi tentu terdapat di dalamnya. Meskipun bisa dipelajari secara otodidak, namun lulusan Ilmu Komunikasi tentu memiliki keahlian menjadi MC yang dipelajari dalam studinya.


5. Public Relations Officer atau Hubungan Masyarakat

Mewakili perusahaan dalam setiap waktu, menjaga nama baik perusahaan serta mewujudkan hubungan yang harmonis pada seluruh klien perusahaan, menjadi tugas besar dari seorang Public Relations atau humas. Ya, profesi Public Relations juga menjadi prospek kerja yang sangat menjanjikan bagi lulusan Ilmu Komunikasi. Seorang Public Relations harus selalu memutar otaknya untuk menyampaikan pesan – pesan perusahaan kepada masyarakat agar perusahaan yang dikelolanya senantiasa memiliki reputasi yang baik. Menantang, bukan?


6. Event Organizer

Merancang perhelatan event yang besar, mengemas sebuah acara sesuai dengan konsep pesan yang ingin disampaikan, hingga mengatur acar sedemikian rupa agar meninggalkan kesan dan reputasi yang baik, adalah beberapa wujud tujuan dari strategi seorang event organizer. Melalui sebuah event, sebuah tim event organizer diharapkan mampu menyampaikan sebuah pesan atau makna tertentu dan mewujudkan good reputation dari si penyelenggara. Disitulah tantangannya. Menjadi event organizer ini sangat asyik, lho. Seperti bekerja sambil bermain. Penghasilannya pun bisa terbilang cukup fantastis. Tertarik?


7. Praktisi periklanan / Advertising
Iklan! Ya, terdengar sepele, namun mempengaruhi kita, kan? Salah satu dalang dan tangan – tangan kreatif di balik berbagai iklan yang bertebaran di berbagai media ini adalah lulusan Ilmu Komunikasi, lho. Mereka berusaha mempengaruhi publik dengan pesan – pesan produk barang ataupun jasa yang ingin disampaikan, melalui pesan dan media yang unik serta kreatif agar siapapun yang melihatnya tergugah untuk membeli, menggunakan ataupun mempercayainya. Proses penyampaian pesan yang menarik, kan! Dalam iklan, semakin menarik dan membuat penasaran, maka semakin sukses dan efektif pula iklan tersebut. Prospek kerja dalam dunia advertising bagi lulusan Ilmu Komunikasi, antara lain sebagai project leader advertising, copy writer, camera person, media planner, dan lain – lain.


8. Marketing Communications
Lulusan Ilmu Komunikasi juga bisa menjadi orang yang duduk manis di kantor, menyusun dan merancang strategi – strategi komunikasi pemasaran yang tepat bagi perusahaan. Ya, menjadi marketing communications tidak semata – mata mengedepankan unsure pemasaran dari ilmu bisnis saja. Lulusan Ilmu Komunikasi diharapkan dapat mejadikan pemasaran menjadi lebih efektif dan menarik, salah satunya dengan menyusun strategi komunikasi yang tepat dilihat dari segmentasinya, bagaimana pesannya, apa medianya dan mau seperti apa tujuan yang diharapkan. Hal ini tentu menantang bagi siapapun yang menjalaninya.
Itulah 8 prospek kerja terbaik bagi lulusan Ilmu Komunikasi. Sesuaikah dengan minat anda?

masdeal
Posts: 7
Joined: Tue Oct 13, 2015 10:39 am
Location: Jakarta
Contact:

Re: 8 Prospek Kerja Terbaik Lulusan Ilmu Komunikasi

Postby masdeal » Wed Nov 18, 2015 11:10 am

Yang oke tuh Public Relation Officer :D
Kebetulan saya lulusan komunikasi juga hehehehehe ingin jadi broadcaster, eeh suara saya cempreng wakakakaka
DEAL POS - Program kasir dan aplikasi penjualan untuk keperluan bisnis retail Anda.

jonsemar
Posts: 4
Joined: Tue Nov 15, 2016 11:01 am
Location: Jakarta
Contact:

Re: 8 Prospek Kerja Terbaik Lulusan Ilmu Komunikasi

Postby jonsemar » Tue Nov 15, 2016 11:24 am

Marketing komunikasi yang paling mantep tuh hahaha
Kudu pinter ngomong dan nglobby wkwkw
EO juga seru tuh :D
Menyediakan mesin & perlengkapan restoran untuk bisnis HORECA Anda.

asara90
Posts: 6
Joined: Mon Mar 20, 2017 3:31 pm
Contact:

Re: 8 Prospek Kerja Terbaik Lulusan Ilmu Komunikasi

Postby asara90 » Mon Mar 20, 2017 4:45 pm

Kalau saya sih dari dulu pengen banget jadi PR Officer atau mungkin Broadcaster, berhubung saya juga senang untuk melakukan kegiatan berkomunikasi, apalagi kalau bisa berkomunikasi ke masyarakat untuk mewakili sebuah lembaga ataupun perusahaan :)
[Jasa Sertifikasi ISO yang sedia melakukan Konsultan ISO untuk Lembaga atapun Organisasi.

indocommco
Posts: 8
Joined: Fri Jul 15, 2016 4:59 pm
Contact:

Re: 8 Prospek Kerja Terbaik Lulusan Ilmu Komunikasi

Postby indocommco » Tue Apr 25, 2017 11:53 am

Wah, keren2 yaa kerjaan anak Komunikasi. Walaupun saya bukan jurusan komunikasi, tapi suatu saat saya mau banget jadi announcer radio. :D
Tapi kalau background pendidikannya nggak sama, bisa masuk nggak yaa??
Kami menjual Produk PABX Panasonic di Jakarta dengan harga yang bersaing dan mutu yang baik.

raden92
Posts: 2
Joined: Tue May 02, 2017 5:00 pm
Contact:

Re: 8 Prospek Kerja Terbaik Lulusan Ilmu Komunikasi

Postby raden92 » Tue May 02, 2017 5:17 pm

Saya dulunya lulusan FIKOM jurusan Marcomm disalah satu Universitas Swasta di Jakarta, sekarang malah pekerjaannya jadi Advertising disalah satu perusahaan.
Dari dulu pengen banget sih kerja sebagai Advertising ataupun Jurnalis. Sekarang bersyukur deh udah ngerasain jadi Advertising walaupun kadang ada niat juga untuk masuk jadi Jurnalis juga ahehe
Advertising Agency Jakarta yang menyediakan Grapic & Packagin Designer yang profesional.

Fachri
Posts: 4
Joined: Thu Aug 31, 2017 3:54 pm

Re: 8 Prospek Kerja Terbaik Lulusan Ilmu Komunikasi

Postby Fachri » Thu Aug 31, 2017 3:58 pm

Gaharus jadi jurnalis, prospek yang lebih besar peluang nya misal kaya periklanan atau advertising.
Digital Printing 24 Jam Jakarta untuk Cetak Spanduk dan Print Banner.

7haponi
Posts: 2
Joined: Wed Sep 20, 2017 2:35 pm
Contact:

Re: 8 Prospek Kerja Terbaik Lulusan Ilmu Komunikasi

Postby 7haponi » Wed Sep 20, 2017 3:03 pm

disaat kita memilih jurusan perkuliahaan memang harus melihat prospek kerja kedepannya seperti apa, tapi tidak menjamin juga setelah lulus mendapatkan pekerjaan sesuai prospek dari awal. intinya kita harus memiliki skill tambahan sebgai cadangan kalo kalo nanti setelah lulus kita malah ditawari di bidang pekerjaan di luar keahlian kita.. Teman saya aja lulusan teknik industri tapi sekarang bekerja sebagai marketing air conditioner (AC) meskipun memang mendapatkan penghasilan diatas rata-rata gaji yang diharapkan..
temukan harga terbaik untuk produk AC Ternama di hargaac.co.id berskala nasional.


Return to “Komunikasi”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest