Page 1 of 1

Bidang Keahlian dan Prospek Teknik Industri

Posted: Tue May 02, 2017 10:54 am
by primera
Prinsip-prinsip dasar ilmu teknik industri secara luas akan mampu diaplikasikan di berbagai sektor lapangan kerja seperti industri (pabrik) manufaktur, pertanian, rumah sakit, jasa perbankan/asuransi, organisasi pemerintahan atau militer, dan jasa konsultan

Pada dasarnya, ilmu Teknik Industri dapat dibagi ke dalam tiga bidang keahlian, yaitu Sistem Manufaktur, Manajemen Industri, dan Sistem Industri dan Tekno Ekonomi.[6]

Sistem Manufaktur adalah sebuah sistem yang memanfaatkan pendekatan teknik industri untuk peningkatan kualitas, produktivitas, dan efisiensi sistem integral yang terdiri dari manusia, mesin, material, energi, dan informasi melalui proses perancangan, perencanaan, pengoperasian, pengendalian, pemeliharaan, dan perbaikan dengan menjaga keselarasan aspek manusia dan lingkungan kerjanya. Jenis bidang keilmuan yang dipelajari dalam sistem manufaktur sini antara lain adalah sistem produksi, perencanaan dan pengendalian produksi, pemodelan sistem, perancangan tata letak pabrik, dan ergonomi.
Manajemen Industri adalah bidang keahlian yang memanfaatkan pendekatan teknik industri untuk penciptaan dan peningkatan nilai sistem usaha melalui fungsi dan proses manajemen dengan bertumpu pada keunggulan sumber daya manusia dalam menghadapi lingkungan usaha yang dinamis. Jenis bidang keilmuan yang dipelajari dalam manajemen industri antara lain adalah manajemen keuangan, manajemen kualitas, manajemen inovasi, manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, manajemen keputusan dan ekonomi teknik.
Sistem industri dan teknok ekonomi adalah bidang keahlian yang memanfaatkan pendekatan teknik industri untuk peningkatan daya saing sistem integral yang terdiri atas tenaga kerja, bahan baku, energi, informasi, teknologi, dan infrastruktur yang berinteraksi dengan komunitas bisnis, masyarakat, dan pemerintah. Bidang keilmuan yang dipelajari di dalam sistem industri dan tekno ekonomi antara lain adalah statistika industri, sistem loogistik, logika pemrograman, operational research, dan sistem basis data.

source : wikipedia

rental mobil jogja murah
sewa mobil lepas kunci
sewa mobil jogja murah

Re: Bidang Keahlian dan Prospek Teknik Industri

Posted: Tue May 09, 2017 3:59 pm
by asara90
Sebenarnya banyak kok keahlian sama prospek yang bagus untuk lulusan Teknik Industri.
Namun semuanya sih biasanya kembali lagi sama minat dan keinginan seseorang untuk ngejalaninnya.

Re: Bidang Keahlian dan Prospek Teknik Industri

Posted: Wed Feb 07, 2018 5:34 pm
by Fachri
Jaman sekakarang memang lagi banyak nih buat bidang industri karena banyak masuk dari luar negeri untk membuat perusahaan dan pabrik di indonesia ini, bhakan banyak sekarang usaha digital printing untuk industri percetakan sangat marak apalagi di daerah depok bisa bersebelahan digital printingnya

Re: Bidang Keahlian dan Prospek Teknik Industri

Posted: Thu Jul 26, 2018 4:07 pm
by bengkelsupreme
Ini bisa menjadi angin segar bagi mahasiswa lulusan tekniik industri, apalagi demi mendukung negara agar semakin maju maka sektor industrinya harus semakin maju. Tapi terkadang permasalahannya ada di internal, misalnya penyediaan alat dan perkakas untuk industri tidak terpenuhi atau kualitas SDM yang kurang baik.

Re: Bidang Keahlian dan Prospek Teknik Industri

Posted: Mon Sep 10, 2018 1:59 pm
by lisa12
bengkelsupreme wrote:Ini bisa menjadi angin segar bagi mahasiswa lulusan tekniik industri, apalagi demi mendukung negara agar semakin maju maka sektor industrinya harus semakin maju. Tapi terkadang permasalahannya ada di internal, misalnya penyediaan alat dan perkakas untuk industri tidak terpenuhi atau kualitas SDM yang kurang baik.


Umumnya masalah paling utama itu kurang kompetennya SDM dan kurang adanya sarana dan prasarana yang memadai jadi teknik industri di negera kita terbilang cukup terlambat berkembangnya dibandingkan dengan negara2 ASEAN lainnya (tapi tidak serta merta semuanya kita kalah/belum berkembang). Apalagi perkembangan zaman yang saat ini makin maju dan memunculkan berbagai alat-alat pendukung industri, seperti meteran, genset, tester, dll dapat membuat pekerjaan menjadi lebih mudah, tapi ya itu kembali lagi ke SDM yang harus bisa menggunakannya.