Page 1 of 1

Menkoinfo Imbau Masyarakat Waspadai Virus "Ransomware Petya"

Posted: Sat Jul 29, 2017 6:40 am
by cinta
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memperingatkan masyarakat, saat ini sedang terjadi serangan virus skala global bernama " ransomware petya".

"Teman-teman, saat ini dalam skala global sedang terjadi serangan virus ransomware petya," ujar Rudiantara di Jakarta, Rabu (28/6/2017). "Cara kerja virus petya ini mirip dengan virus ransomware wannacry yang menyerang skala global pada 13 Mei 2017 lalu," lanjut dia.

Penularan virur diketahui melalui penyebaran harga tas file atachment email dan link ke situs malware. Kemenkominfo terus memantau serta memitigasi pergerakan dari virus petya di Indonesia.

Melalui id-SIRTI, Kemenkominfo telah mengeluarkan notifikasi kepada seluruh stakeholders untuk mewaspadai virus yang menyerang pengamanan data di komputer tersebut.

Id-SIRTI sendiri adalah organisasi yang dimiliki Kemkominfo untuk menangani insiden seperti serangan siber, "Notifikasi telah dikeluarkan oleh id-SIRTI, kepada para mitra yang bekerja sama seperti penyelenggara layanan internet, NAP maupun kementerian/lembaga," ujar Rudiantara.

Re: Menkoinfo Imbau Masyarakat Waspadai Virus "Ransomware Petya"

Posted: Thu Aug 10, 2017 2:55 pm
by indocommco
Untungnya virus ini sudah tidak menyebar lagi dan menyebabkan teror. Kalau kena virus ini bisa ribet juga karena data-data pasti enggak bakalan bisa balik lagi.