Red Star OS, Sistem Operasi Buatan Korea Utara

cinta
Posts: 9
Joined: Mon Mar 14, 2016 12:22 pm

Red Star OS, Sistem Operasi Buatan Korea Utara

Postby cinta » Mon Mar 14, 2016 12:25 pm

Korea Utara yang dikenal sebagai salah satu negara paling tertutup di dunia, ternyata tidak menutup diri terhadap perkembangan teknologi. Nyatanya, negara yang saat ini dipimpin oleh Kim Jong-Un tersebut memiliki sistem operasi komputer sendiri.

Mengutip informasi dari laman Engadget, Selasa (29/12/2015), sistem operasi berbasis Linux tersebut diberi nama Red Star OS. Kendati berbasis open source, ternyata pemerintah Korea Utara tetap memberlakukan keamanan tingkat tinggi pada sistem operasi ini.

Salah satunya adalah pemberian watermark pada file yang ada di flash drive. Langkah ini dilakuan untuk dapat melacak kemungkinan file dari flash drive tersebut digunakan untuk hal-hal yang dianggap mengancam.

Selain itu, Red Star OS juga tidak mengenal modifikasi terhadap sistem. Sebab, tidak hanya pengamanan ekstra di file sistem kunci, namun sistem operasi ini dapat segera melakukan reboot pada emas antam PC jika diketahui ada perubahan di file-filenya.

Red Star OS juga dibekali dengan teknologi buatan asli Korea Utara, termasuk software antivirus dan peramban internet yang diarahkan ke server internal. Pengembangan teknologi enkripsinya pun dikembangkan secara khusus.

Jika menilik seluruh fitur yang ada di Red Star OS, tidak diragukan lagi bahwa sistem operasi ini termasuk yang paling aman. Namun, di sisi lain para peneliti merasa bahwa langkah ini dilakukan pemerintah Korea Utara untuk tetap menjaga wilayahnya terisolasi dari negara lain.

Tak hanya itu, beberapa analis juga menganggap bahwa Red Star OS ternyata memunculkan anomali sendiri. Dalam hal ini, adalah penggunaan software open source yang biasanya disertai dengan kebebasan untuk memodifikasi, nyatanya hal itu tidak terjadi di Red Star OS.

cinta
Posts: 9
Joined: Mon Mar 14, 2016 12:22 pm

CES 2016: Jide Perkenalkan Remix OS, Android untuk PC

Postby cinta » Wed Jun 15, 2016 8:16 pm

Pada CES 2016 kali ini, ada sebuah perusahaan asal Tiongkok bernama Jide yang memperkenalkan sistem operasi besutan Google. Bedanya, sistem operasinya yang juga menggunakan Android akan berjalan pada sebuah PC (dan Mac) dan akan menggunakan instruksi x86. Sistem operasi yang diberi nama Remix OS ini nantinya tv murah akan dapat didownload secara gratis untuk semua orang.

Yang membuat sistem operasi ini unik adalah antar muka yang digunakan sangat berbeda dengan kebanyakan Android yang ada saat ini. Remix OS memiliki antar muka yang mirip dengan Windows maupun Mac (dan Linux tentunya), yaitu memiliki sebuah tombol start dan icon pada taskbar. Jide pun membuat file manager yang ada semirip mungkin dengan Windows Explorer dan dioptimalkan untuk digunakan dengan keyboard dan mouse.

Uniknya, spesifikasi yang tv led murah dibutuhkan untuk menjalankan RemixOS tidaklah tinggi. Jide mengatakan bahwa semua komputer, baik yang menggunakan prosesor Intel maupun AMD sudah bisa menjalankannya. Yang dibutuhkan hanya komputer yang memiliki sebuah port USB yang mendukung booting serta sebuah flash disk dengan kapasitas minimum 8 GB. Hal ini dikarenakan Remix OS nantinya dapat dibuat untuk booting melalui USB flash disk.

Jide juga mengeluarkan komputer mini yang dinamakan Remix Mini. PC dengan harga $70 ini menggunakan sistem operasi berbeda dengan Remix OS yang bakal diluncurkan secara gratis karena menggunakan prosesor quad core Cortex A53 pada SoC buatan Allwinner. Komputer yang bisa langsung digunakan ini juga sangat baik untuk smart tv murah dijadikan sebuah sistem home entertainment karena sudah memiliki port HDMI dan juga mendukung pemutaran video H.265 dengan resolusi 4K.


Return to “Lounge Informatika”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest