Jangan masuk teknik arsitektur sebelum mempersiapkan 10 hal ini

Palu1000
Posts: 8
Joined: Thu Jan 19, 2017 12:56 pm

Jangan masuk teknik arsitektur sebelum mempersiapkan 10 hal ini

Postby Palu1000 » Thu Feb 16, 2017 9:54 am

Untuk mengetahui serba-serbi bangunan tentu saja kita semua harus mempelajarinya secara detail, karena bangunan tidak mungkin ‘memberitahu’ kita apa saja hal-hal yang dibutuhkan agar sebuah bangunan tampak menarik dan berdimensi. Salah satu cara agar bisa tahu soal bangunan dan arsitektur adalah dengan menjadi mahasiswa teknik arsiktekur sebuah kampus. Ya, belajar tenik arsitektur tentu saja menjadi studi yang menarik untuk kamu yang hobi bermain dengan rekayasa sebuah bangunan.

Inilah 10 hal yang sebaiknya perlu kamu tahu sebelum benar-benar memutuskan untuk masuk jurusan arsitektur dan menekuninya.

1) Piihan Universitas

Langkah pertama yang sebaiknya kamu lakukan untuk menjadi mahasiswa arsitektur dan mendalami ilmu arsitektur tentunya adalah memilih universitas yang menyediakan program studi arsitektur. Arsitektur biasanya ada pada setiap universitas besar yang ada di setiap kota dan negara. Dan jika kamu mampu, carilah universitas terbaik dalam program asrsitektur supaya kamu bisa mendapatkan ilmu yang lebih baik daripada sebelumnya. Pertimbangkan dengan matang sebelum kamu benar-benar memilih universitas tersebut untuk belajar.

2) Siap belajar lebih keras
Setelah berhasil diterima di universitas terbaik pilihanmu, kamu tak berhenti disini untuk belajar. Memang untuk bisa diterima di kampus terbaik kamu harus belajar ekstra keras mengalahkan banyak pesaing. Namun ketika kamu masuk ke dalam dunia arsitektur, kamu dituntut untuk belajar jauh lebih keras lagi.

Belajar arsitektur tentu saja membutuhkan komitmen yang harus dipegang seumur hidup lantaran tantangan yang cukup berat. Kamu tak hanya berhadapan dengan wajah kota saja, namun juga dengan perubahannya yang mengalami perkembangan setiap waktu. Ditambah, persaingan dunia kerja setelah lulus nanti yang menuntutmu untuk belajar lebih keras dan kreatif.

3) Apakah membutuhkan kemampuan matematika yang kuat?
Sebenarnya para arsitek handal pun tak setuju jika matematika kuat menjadi syarat wajib yang harus dipenuhi untuk masuk dalam bidang ilmu ini. Pasalnya, matematika yang dipakai dalam ilmu arsitektur hanyalah matematika dasar yang bahkan kelas IPS pun bisa. Tapi, beberapa universitas memang masih mensyaratkan nilai matematika yang bagus sebagai syarat masuk ke jurusan ini. Namun tak perlu khawatir karena di dalamnya kamu tak akan diriberatkan oleh hafalan rumus matematika yang memusingkan.

4) Kreatif dalam memecahkan masalah
Kamu tak perlu ketrampilan matematika sehandal Thoman Edison atau kemampuan menggambar sekelas desainer terkenal, yang kamu butuhkan hanyalah ide kreatif dalam memecahkan masalah. Oleh karena itu skill problem solving sangat dibutuhkan disini.

Kamu akan berhadapan dengan klien yang sedang pusing akan tata letak serta fungsi bangunan nantinya, oleh karena itu perlu otak yang kreatif untuk bisa mengatasi segala kesulitan yang ada.

5) Belajar dari para arsitek masa lalu
Masa lalu adalah guru yang paling baik untuk masa depan. begitu pula dengan belajar ilmu arsitektur, kamu perlu mempelajari hasil karya para arsitek masa lalu yang telah berhasil membangun gedung-gedung dan bangunan. Kamu bisa belajar lewat gedung yang sudah jadi atau membeli buku yang mengulik tentang sejarah arsitek masa lalu.

6) Traveling ke tempat-tempat mengagumkan
Selain belajar banyak dari para arsitek ternama, kamu juga perlu melakukan perjalanan ke kota-kota atau negara-negara yang memiliki bangunan arsitektur mengagumkan. Bangunan-bangunan tersebut bisa menjadi referensimu dalam merancang bangunan yang lebih keren. Yah, hitung-hitung belajar sambil liburan. Lumayan bukan?

7) Bersiaplah untuk menjambangi bukit dan pantai untuk sekedar ‘berteriak’
Setelah kamu sukses masuk ke sekolah arsitek, kamu pun perlu bersiap untuk pergi ke bukit atau pantai untuk berteriak lepas. Campuran antara keberhasilan masuk jurusan yang diidamkan sekaligus ketegangan untuk menghadapi dunia baru yang berbeda jauh dari sebelumnya.

8) Jangan berharap kaya
Salah besar jika kamu menganggap profesi arsitek yang akan kamu lakoni nanti membuatmu menjadi seorang yang kaya raya. Arsitek hanya memiliki gaji pokok yang tak jauh berbeda dibanding dengan profesi-profesi lain kebanyakan. Satu hal yang penting, menjadi arsitek memang tak akan menjadikanmu miskin, namun juga tak akan membuatmu menjadi kaya raya.

9) Berhadapan dengan job yang ‘membosankan’
Pekerjaan arsitek dan ilmu arsitektur tidak melulu soal keindahan dan kreativitas bangunan, tapi juga berhubungan dengan pengukuran detail tiap hal yang akan sedikit membuatmu bosan. Mulai dari penentuan angle yang tepat, garis yang serasi serta segala tetek bengeknya yang cukup membuatmu pusing. Tapi tenang saja, kamu akan baik-baik saja jika menjalaninya dengan enjoy.

10) Dan terakhir, magang menjadi suatu kewajiban sebelum kamu benar-benar menekuni profesi arsitek
Setelah lulus dan menempuh pendidikan ilmu arsitektur, jangan harap kamu akan langsung menadi arsitek yang terkenal dan handal. Kamu harus menjalani kegiatan magang dan berurusan dengan job-job yang agak “kasar”. Sebelum menjadi arsitek terkenal, tentu saja kamu harus “digodhog” dengan aneka pekerjaan yang cukup jauh dari bayangan. Tak perlu khawatir, setelah kegiatan magang selesai, kamu akan menghadapi job-job yang lebih menantang.

Jadi bagaimana, sudah siap jadi mahasiswa arsitektur?

Sumber: http://www.caradesain.com/10-hal-yang-w ... rsitektur/
Layanan Jasa pancang kami telah menangani berbagai macam proyek seperti perkantoran, tangki berkapasitas besar, dan gudang-gudang.

iqbal12
Posts: 2
Joined: Tue Mar 14, 2017 3:57 pm
Contact:

Re: Jangan masuk teknik arsitektur sebelum mempersiapkan 10 hal ini

Postby iqbal12 » Tue Mar 14, 2017 4:25 pm

Saya tentu udah siap dong, pengen cepet-cepet lulus dan bisa bikin desain gedung perkantoran yang paling wah di Jakarta hehehehe
Tips untuk sewa kantor jakarta bisa anda dapatkan melalui yang dibuat oleh Wins-Property

miftah09
Posts: 8
Joined: Mon Mar 06, 2017 2:37 pm

Re: Jangan masuk teknik arsitektur sebelum mempersiapkan 10 hal ini

Postby miftah09 » Mon Mar 20, 2017 2:58 pm

Wah, impian saya dulu tuh jadi arsitek. Tapi kesampeannya jadi pengusaha di bidang peralatan bahan bangunan dan rumah, kayak atap, kusen pintu dll. Tapi kalau dipikir-pikir, lebih enak jadi pengusaha sih :lol:
Jual upvc roof untuk kebutuhan bangunan anda dengan berbagai variasi.

Yuna79
Posts: 12
Joined: Thu Mar 16, 2017 2:36 pm
Contact:

Re: Jangan masuk teknik arsitektur sebelum mempersiapkan 10 hal ini

Postby Yuna79 » Tue Oct 03, 2017 8:01 pm

Kreatif sama punya-punya ide yang keren sih, soalnya kan nanti pas perencanaan pembuatan bangunan aristektur gitu memang butuh konsep yang matang...
Ya bisa dbiilang kalau memang mau masuk teknik arsitektur kalau bisa juga udah siap mental sama tugas yang numpuk juga :D
Kami Menyediakan Jasa Perencanaan Arsitektur untuk Bangunan seperti Hotel, Apartemen, Gedung, dan yang lain sebagainya.

uno411
Posts: 6
Joined: Sat Nov 25, 2017 2:44 pm
Contact:

Re: Jangan masuk teknik arsitektur sebelum mempersiapkan 10 hal ini

Postby uno411 » Sat Nov 25, 2017 3:00 pm

Keren..

Jdi inget waktu kuliah dulu.. Dari SMA emang udah suka dan niat untuk masuk ke Teknik Arsitektur. Sampai bela-belain beli software2 arsitek. :lol:
UNIBEL - kontraktor rumah di surabaya & Konsultan Interior Profesional dan berpengalaman.

kabang
Posts: 11
Joined: Thu Jul 06, 2017 12:18 pm
Location: JKT, ID
Contact:

Re: Jangan masuk teknik arsitektur sebelum mempersiapkan 10 hal ini

Postby kabang » Wed Feb 07, 2018 6:05 pm

Wkwkwk jangan lupa juga bisa ngegambar walaupun bakatnya sedikit hehe
Dulu sebelum test masuk design interior, semept nyoba teknik arsitektur dan takutnya ga sanggup jadinya pas test tahap kedua ga ikutin..
Tapi salut sih buat temen-temen arsitektur, sanggup-sanggup ya :D
Menyediakan interior rumah seperti Marmer, Plafon, HPL dll untuk mempercantik tempat hunian Anda.


Return to “Teknik Arsitektur”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest