Memulai Ternak Dengan Doc Ayam Berkualitas

kusukaayam
Posts: 7
Joined: Fri Jan 25, 2019 9:19 am

Memulai Ternak Dengan Doc Ayam Berkualitas

Postby kusukaayam » Fri Jan 25, 2019 9:25 am

DOC ayam adalah ayam memiliki umur di bawah 10 hari dan merupakan kepanjangan dari day old chicken. Dalam bahasa sehari-hari, doc ayam sering diartikan sebagai bibit ayam yang baru berumur 1 hari. Doc ayam normal memiliki berat rata-rata 35 gram hingga 40 gram untuk setiap ekornya. Dalam dunia peternakan, doc ayam memiliki peran yang cukup signifikan untuk mendukung berhasil atau tidaknya sebuah peternakan ayam.

Memilih doc ayam berkualitas
Karena memiliki peran yang cukup penting, tentunya peternak harus memilih doc ayam yang berkualitas untuk dijadikan sebagai bibit peternakannya. doc ayam berkualitas biasanya memiliki harga yang lebih mahal. Doc berkualitas juga tidak bisa lahir begitu saja tanpa proses yang berkualitas.

Ketika akan membeli doc ayam, Anda bisa coba untuk membelinya di peternakan yang sudah terpercaya. Peternakan ayam skala besar biasanya tidak hanya menjual ayam namun juga menjual doc ayam. Mereka sudah memiliki pengalaman yang cukup baik dalam dunia ternak dan memiliki cara tersendiri untuk menghasilkan doc berkualitas.

Ciri doc ayam berkualitas
Ada beberapa ciri yang dimiliki doc ayam berkualitas. Ciri yang pertama dapat dilihat dari berat badan doc. Berat badan doc ayam tidak boleh kurang dari 35 gram untuk memastikannya memiliki kualitas yang baik. Bahkan ada beberapa doc dengan kualitas super memiliki berat di atas 35 gram. Ciri lainnya dapat dilihat dari mata doc ayam. Doc ayam berkualitas memiliki mata yang cerah dan jernih. Sebab, doc ayam yang terkena infeksi dan memiliki kualitas kurang baik biasanya akan mengeluarkan air mata secara terus menerus.

Anda juga dapat melihat kualitas doc dari bentuk fisiknya yang tidak cacat dan dalam keadaan sehat. Doc ayam yang memiliki cacat bawaan akan memiliki dampak yang kurang baik bagi peternakan. Dan yang terakhir, Anda bisa melihat kualitas doc dari kelincahannya bergerak. Doc ayam berkualitas biasanya akan lincah dan gesit dalam bergerak.

Pemeliharaan ternak ayam
Pada dasarnya pemeliharaan ternak ayam tidaklah terlalu sulit. Peternak hanya perlu memberikan asupan makanan dan gizi ayam ternaknya dan menjaga kebersihan kandang agar ayam terhindar dari bakteri penyebab penyakit. Langkah pertama untuk membangun sebuah peternakan ayam dapat dimulai dari memilih doc ayam berkualitas. Doc ayam berkualitas baik akan menjadi ayam petelur dengan hasil produksi yang memuaskan di kemudian hari.

Keuntungan beternak ayam
Ada banyak keuntungan yang didapatkan dari beternak ayam. Selain menjadi hobi, kegiatan ini juga bisa menjadi bisnis jika terus ditekuni. Ayam memiliki kandungan protein hewani yang dibutuhkan manusia. Daging ayam dan telur ayam merupakan jenis makanan yang cukup banyak dikonsumsi setiap harinya. Jika Anda pribadi gemar makan ayam, setidaknya beternak dapat membuat Anda jauh lebih hemat karena tidak perlu membeli daging ayam di pasar. Selain itu, kesehatan dan kehigienisan ayam pun dapat dikontrol sendiri sehingga Anda dapat merasa lebih aman mengkonsumsinya.

Beternak ayam membantu menyuburkan lingkungan
Selain manfaat di atas, beternak ayam juga dapat membantu menyuburkan lingkungan. Seperti diketahui, kotoran ayam dapat dijadikan pupuk yang menyuburkan tanah. Dengan demikian pertumbuhan tanaman yang ditanam di tanah tersebut pun dapat berkembang dengan baik. Lingkungan sekitar pun menjadi lebih hijau dan subur. Jika akan memulai ternak ayam, Anda dapat memulainya dengan mengembang biakan ayam secara mandiri atau memilih untuk membeli doc ayam.

sumber : https://ayamkita.com/7-cara-merawat-doc-ayam-petelur-yang-benar/

Return to “Kewirausahaan”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest