Apa Fungsi Software Akuntansi?

Dasar dasar akuntansi
kusukaayam
Posts: 12
Joined: Fri Jan 25, 2019 9:19 am

Apa Fungsi Software Akuntansi?

Postby kusukaayam » Fri Jan 24, 2020 2:23 pm

Image

Yang dimaksud dengan Software Akuntansi adalah perangkat lunak untuk mengatur keuangan dalam sebuah bisnis, termasuk mendiagnosis kesehatan bisnis tersebut. Melalui accounting software pula akan diperoleh laporan keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi dan pajak.

Menggunakan accounting software akan lebih mudah mengatur keuangan dalam kerangka bisnis, meskipun pengguna masih awam dengan dunia akuntansi. Disinilah letak keuntungannya dimana seseorang tanpa bekal pendidikan akuntansi yang memadai, mampu meraup profit yang semakin bertumbuh dalam bisnisnya.

Mengantisipasi Kegagalan Bisnis

Pernah mengalami kegagalan bisnis? Sebelum Anda mengalaminya tentu lebih baik mempelajari apa penyebab bisnis gagal serta apa kaitannya dengan Software Akuntansi ini.

Ada banyak sekali penyebab bisnis gagal dan biasanya saling mempengaruhi satu sama lain. Salah satu penyebab paling kompleks yaitu tidak adanya dana cash atau uang segar (run out of cash).

Jadi mayoritas bisnis gagal bukan karena tidak ada hasil penjualan atau sama sekali tidak mendatangkan profit. Namun lebih karena tidak adanya dana cash atau uang segar.

Mungkin saja bisnis yang dikelola cukup menghasilkan penjualan dan mendatangkan profit karena banyaknya customer. Pertanyaannya, seberapa besar uang segar yang sekarang ada dalam bisnis tersebut? Penjualan produk bulan lalu lumayan besar tapi mengapa uangnya hanya sedikit?

Ketika sukses menghasilkan penjualan namun tidak tahu uangnya ‘lari’ kemana, berarti Anda tidak memiliki manajemen keuangan yang benar. Disinilah accounting software akan membantu mengaudit keuangan bisnis.

Dengan menggunakan software akuntansi maka tidak ada lagi pencatatan administrasi keuangan yang berantakan karena masih menggunakan cara-cara manual. Potensi kerugian akan jauh berkurang sebab laporan keuangan yang dihasilkan sangat akurat, sesuai dengan yang tertulis di buku dan data di komputer.

Penghitungan daftar pembelian dan penjualan secara manual banyak membuang waktu, belum lagi kemungkinan kesalahan juga lebih besar. Menggunakan accounting software tentu lebih efisien waktu karena input data menjadi lebih mudah.

Return to “Dasar Akuntansi”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest