Bagaimana Mengatasi Kecanduan Game Pada Anak

Tentang pendidikan psikologi anak
adi.t
Posts: 28
Joined: Thu Oct 16, 2014 12:58 pm

Bagaimana Mengatasi Kecanduan Game Pada Anak

Postby adi.t » Fri Apr 17, 2015 9:53 am

Image

Coba, pernahkah kita bertanya secara spesifik kenapa anak dan remaja bahkan orang dewasa kecanduan game? Mungkin jawaban sederhananya adalah game itu mengasyikan dan seru-seru model permainannya. Sekilas jawabannya baik dan masuk akal. Tetapi yang berkembang belakangan ini game sudah lebih jauh dari sekedar seru dan asyik. Ada apa disana dan kenapa lebih asyik? Karena sekarang disana ada kehidupan dan dunianya sendiri, atau mudahnya ada “alamnya” sendiri.

Kita akan pelajari kenapa anak dan remaja begitu kerajingan sesuatu yang namanya game, dan apa dampak bahaya secara psikologis dan masa depan anak bangsa.

Banyak orangtua mengeluh dan sudah tidak berkutik jika anaknya sudah nyandu yang satu ini. Disatu sisi orangtua juga ada enaknya, pada saat anak mereka main game mereka memilki waktu untuk diri sendiri dan seakan bisa bebas dari tugas dan rutinitas terhadap konsekuensi mengurus tugas anak. Tetapi tahukah bahwa ternyata ada banyak “alam” yang berbahaya di alam game dan itu nikmat bagi anak.

Baiklah kita pahami apa yang terjadi di alam dunia game, di alam ini anda yang bukan siapa-siapa bisa menjadi siapa-siapa. Maksudnya jika anda di dunia nyata anda adalah orang yang biasa, anak yang sekolahnya bermasalah dan kehidupan di dunia nyata bermasalah, bisa berubah total jika anda memainkan peran di alam Game. Misal anak anda yang sekolahnya bermasalah dengan nilai dan sikapnya, bisa saja di alam gamenya dia adalah seorang jagoan yang banyak menolong orang dan kuat serta dihargai. Dan ini bertolak belakang dengan dunia nyatanya bukan? Bahkan di dalam alam game atau dunia gamenya dia adalah seorang raja yang dihormati dan memilii banyak sekali kekayaan dan semua perintah dan keinginannya dapat dituruti.

Anak merasa bukan siapa-siapa di dunia nyata, tetapi dia adalah “Raja” atau orang yang berkuasa di alam gamenya. Dan ini nikmat baginya karena penghargaan dan penerimaan benar-benar dirasakan di alam game tersebut. Sedangkan di dunia nyatanya, dia tidak dihargai dan berbagai label tentang anak yang negatif sudah menumpuk pada dirinya. Mereka yang seakan menjadi pecundang di dunia nyata dan anak yang di “sia-sia”, bisa menjadi juara sejati di alam yang berbeda. Mereka mendapatkan penghargaan dan diterima, di elu-elukan merasa dibutuhkan, diinginkan dan itu semua berbeda dengan dunia yang nyata dalam kehidupannya. Paham bukan? Kenapa anak dan remaja bisa kecanduan game?

Sebagai orangtua atau pemerhati tumbuh kembang anak ada baiknya kita memahami hal ini dan memberikan perlakuan yang berbeda kepada anak kita, terima dia apa adanya dan bantulah agar berprestasi dan buat dia menjadi anak yang luar biasa hebat dalam bidang yang dia sukai. Jika kita tidak mengambil tanggung jawab kita, maka sudah ada yang bisa mengambil alih dan kita tahu itulah game dan berbagai media sejenis yang siap menjadi guru dan pengaruh dalam kehidupannya.

Coba perhatikan, didalam permainan game sekarang ini sudah sangat memperhatikan banyak sisi psiokologis manusia, jelaslah karena pasar mereka adalah manusia. Tetapi yang ingin kita bagikan disini adalah mereka jauh lebih bisa mengerti manusia dari pada manusia sendiri kepada sesama manusia. Contoh, jarang sekali atau bahkan tidak pernah ditemukan di dalam dunia game ada kecaman dan makian saat seorang anak gagal memainkannya, yang ada adalah kata “coba lagi, ingin melanjutkan, dan sejenisnya” bandingkan dalam keseharian seorang anak atau kita orang dewasa, salah baru sekali atau dua kali sudah di cap tidak bisa dan tidak becus. Dan label atau cap tersebut melekat di benak kita dan anak kita yang artinya selamanya, padahal yang kita butuhkan hanyalah latihan dan pembiasaan, karena kita belum tahu dan mengerti. Di game tidak ada aturan seperti itu, mereka jauh lebih mengerti dan sabar daripada kita sesama manusia.

Game juga mengatasi banyak hal dalam kehidupan, beberapa waktu lalu ada seorang rekan yang setiap hari kecanduan game karena kesepian dan sulit berkomunikasi dengan keluarganya. Dia akhirmnya bermain game bertema peternakan yang “mengikatnya”, setiap hari Ipad nya akan mengeluarkan bunyi suara sapi, jika belum diberi makan, dan dia bisa mengangapnya nyata “kasian belum makan sapi-sapiku” dan ada jam-jam tertentu dimana dia harus konsentrasi dengan gamenya tanpa boleh diganggu. Seakan-akan hidupnya seperti seorang profesional yang sibuk namun, hanya memberi makan sapi di gamenya, diceritakan sendiri kesehariannya dan kekonyolannya dengan terbahak-bahak.

Nah, anda sudah tahu permasalahannya, lalu bagaimana mengatasinya? Ada 5 tips yang akan kami bagikan dan bisa anda praktekkan dalam keseharian anda dan anak anda.

Sediakan waktu dan kebersamaan dengan anak lebih banyak, menemani anak di rumah. Jika Anda sangat sibuk, aturlah sedemikian rupa. Anggap saja anak anda sedang “sakit” dan perlu ditemani.
Mengembangkan cara berkomunikasi yang lebih enak dan nyambung dengan anak.
Berusaha memahami kebutuhan anak, termasuk bahasa anak. Menyelami game-game yang dimainkan supaya bisa menjadi pintu masuk anda bicara dengan anak.
Rencanakan waktu untuk makan bersama dan rekreasi bersama. Saat ngobrol dengan remaja yang enak adalah saat situasi mereka juga enak, saat makan dan santai.
Jangan bicara apalagi dengan marah-marah kepada anak saat mereka sedang main game. Hal itu justru membuat mereka bertambah terluka. Berusaha bicara dengan menatap anak dengan kasih sayang.

Semoga tulisan dan informasi ini bermanfaat bagi anda dan keluarga tercinta anda. Rebut kembali fungsi utama anda, dan cintai anak dengan sepenuh hati kita.

Salam
Timothy Wibowo

Sumber : http://www.pendidikankarakter.com/bagai ... pada-anak/

harun57
Posts: 2
Joined: Wed Jun 03, 2015 3:31 pm

Re: Bagaimana Mengatasi Kecanduan Game Pada Anak

Postby harun57 » Fri Jun 12, 2015 12:15 pm

Perbolehkan saya sedikit memberikan pandangan saya.
Walaupun saya bukan seorang guru, tapi sebagai seorang fashion photographer saya juga turut sedih dan selalu bertanya-tanya apakah perkembangan zaman saat ini yang sudah bisa membuat efek berbagai macam dapat membuat seorang anak begitu terpaku dan tertarik, apakah ini suatu kemunduran ataukah kemajuan? saya seringkali berpikir bagaimana cara menyadarkan anak-anak bahwa game ini tidaklah sungguhan dan hanya sementara suatu hari nanti mereka harus terjun dalam dunia yang sebenarnya dan tidak boleh terpaku pada game semata karena apabila berlangsung lama ini akan menjadi masalah serius. Saya setuju dengan cara yang telah dipaparkan, karena itu merupakan jalan tengah yang bisa dipilih dan juga bisa menyadarkan anak. Semoga cara ini dapat dibaca oleh para orang tua dan berbagai orang lainnya agar bisa mengatasi anak yang kecanduan pada game. :)
JoelEduardo : fashion photographer sekaligus bali wedding photographer

admin
Site Admin
Posts: 26
Joined: Tue Sep 30, 2014 4:07 pm

Re: Bagaimana Mengatasi Kecanduan Game Pada Anak

Postby admin » Wed Jul 01, 2015 2:40 pm

Intinya kurangilah maen game, baik anak anak maupun dewasa, jangan sampai terjebak dalam dunia virtual, saya sendiri dulu sangat senang game 3d online, bisa chat bahkan sampai ada komunitas, semua seperti riil, namun aslinya palsu, dan hanya buang2 waktu.
Sekarang di semua smart device hanya berisi game2 bermanfaat, perhitungan dsb yg sulit sulit, misal : bridge build (membangun jembatan yg di test kendaraan)
Game2 tersebut sangat membangun seni dan kekuatan analisa hitung.
Termasuk di smartphone anak tiap nemu game yg ga manfaat, selalu remove..
Sering bermain bersama anak2, sering mengajak bicara dan bercanda adalah kuncinya, termasuk aktivitas fisik, seperti bermain sambil berlari, sembunyi dll...yang membuat mereka melupakan game.

salam

gatot
Posts: 14
Joined: Mon Jun 01, 2015 2:50 pm

Re: Bagaimana Mengatasi Kecanduan Game Pada Anak

Postby gatot » Tue Dec 06, 2016 5:31 pm

Bisa juga memberikan kegiatan yang positif lainnya untuk sang anak biar dia bisa melupakan kegiatannya dalam melakukan kegiatan bermain game ini. Misalnya, sekolah sepak bola, sekolah musik, mengikuti bimbel ataupun kegiatan lainnya yang bisa mengembangkan sang anak :)
Lesmatematikaakong merupakan seorang guru les privat yang mengajarkan berbagai materi international school seperti International Baccalaureate Diploma in Jakarta

flair666
Posts: 11
Joined: Sat May 06, 2017 6:09 pm
Location: Jakarta

Re: Bagaimana Mengatasi Kecanduan Game Pada Anak

Postby flair666 » Sat May 06, 2017 6:22 pm

Atau bisa saja orangtua mengalihkan anaknya untuk bermain game yang edukatif. Sehingga kecerdasan mereka bertambah. Di berbagai sekolah Internasional di luar negeri misalnya, mereka sering melakukan kegiatan belajar dengan media game.
We are the one of an International School in Jakarta that use Singapore Curriculum

asara90
Posts: 6
Joined: Mon Mar 20, 2017 3:31 pm
Contact:

Re: Bagaimana Mengatasi Kecanduan Game Pada Anak

Postby asara90 » Wed May 31, 2017 5:45 pm

Diberikan pengawasan atau mungkin bisa juga sang anak diberikan game-game yang mendidik untuknya namun juga diberikan waktu yang secukupnya untuk memainkan game yang ada agar tidak kecanduan
[Jasa Sertifikasi ISO yang sedia melakukan Konsultan ISO untuk Lembaga atapun Organisasi.

Fachri
Posts: 10
Joined: Thu Aug 31, 2017 3:54 pm

Re: Bagaimana Mengatasi Kecanduan Game Pada Anak

Postby Fachri » Tue Dec 12, 2017 11:47 am

kalo sudah begitu lebih baik dibiarkan saja karenaa game tidak selamanya buruk bagi anak kecuali anaknya masih terlalu kecil, kalau sudah sd mungkin bisa membantu dirinya untuk belajar bahasa asing dalam game tersebut karena di game kebanyakan pakai bahasa inggris
Digital Printing, Cetak Spanduk Jakarta dan Print Banner.


Return to “Psikologi Anak”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 0 guests