Inovasi Pompa Industri Terbaru di Masa Depan Sudah Menggunakan Tenaga Matahari

Share kumpulan llink EBook, Artikel segala yang berkaitan dengan Teknik industri
badu12
Posts: 1
Joined: Thu Jun 21, 2018 4:25 pm

Inovasi Pompa Industri Terbaru di Masa Depan Sudah Menggunakan Tenaga Matahari

Postby badu12 » Thu Jun 21, 2018 4:43 pm

Dosen di Surabaya, Jawa Timur mampu menciptakan pompa air anti-kekeringan saat musim kemarau. Alat ini mampu menghasilkan 1 liter air per detiknya.

Pompa Air Tenaga Hybrid adalah nama alat ciptaan dosen teknik elektro Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) Andrew Joewono. Sinar matahari dimanfaatkan sebagai sumber energi pada pompa ini.

"Tujuan pembuatan pompa air tenaga hybrid ini adalah agar masyarakat masih bisa merasakan air saat musim kemarau," kata pria yang karib disapa Andrew itu di kampus UKWMS, Jalan Kalijudan, Surabaya, Jawa Timur pada Selasa 15 September 2015.

"Alat ini mengintegrasikan sistem penyedia energi tenaga surya ke dalam pompa listrik, supaya dapat menghasilkan air sebanyak 1 liter per detik," imbuh dia.

Andrew menambahkan, inovasi yang diciptakan ini menggunakan pompa air 1 fase daya 370 watt yang pengoperasiannya disokong dari aliran listrik panel surya. Pasokan listrik di panel surya itu dihasilkan setelah mendapatkan radiasi matahari selama 4 jam dengan hasil daya hingga 500 watt.

"Alat ini menggunakan sistem otomasi pengalihan daya. Dua panel surya yang bertugas menangkap sinar marahari dan merubah menjadi daya listrik kemudian menyimpannya dalam dua buah aki kering," papar dia.

"Jadi apabila semula pompa ditunjang dari listrik PLN, dan listriknya mati maka secara otomatis pompa tetap bekerja karena menggunakan daya dari aki yang telah disimpannya," imbuh andrew.

Andrew menjelaskan, bahwa pada umumnya pompa memiliki tipe sedotan bawah dan atas yang dapat masuk ke dalam tanah dengan total kedalaman dari keluarnya pompa hingga keluar air adalah 30 meter.

"Dengan menggunakan pompa hybrid ini kita akan bisa menghemat dari sisi penggunaan air sebanyak 14.400 ribu liter," pungkas Andrew. (Ndy/Mut)

Sumber: https://www.liputan6.com/regional/read/ ... ti-kemarau
Dapatkan pompa graco berkualitas langsung dari Distributor Graco Indonesia

parman21
Posts: 4
Joined: Thu Jul 19, 2018 3:14 pm

Re: Inovasi Pompa Industri Terbaru di Masa Depan Sudah Menggunakan Tenaga Matahari

Postby parman21 » Thu Sep 13, 2018 3:44 pm

semoga tidak cuma wacana, soalnya pemanfaatan tenaga matahari ini akan sangat sayang jika dilewatkan karena justru sangat menguntungkan untuk berbagai industri baik itu untuk industri manufaktur, industri kayu dan lainnya.


__________________________________________________________________________
Jual Mesin Potong Kayu Untuk Keperluan Industri Mebel dan Furniture


Return to “Kumpulan link Artikel Teknik industri”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 0 guests