4 Tips Penyimpanan Makanan Kucing Basah yang Baik dan Benar

kusukaayam
Posts: 13
Joined: Fri Jan 25, 2019 9:19 am

4 Tips Penyimpanan Makanan Kucing Basah yang Baik dan Benar

Postby kusukaayam » Fri Jan 24, 2020 1:45 pm

Image

Makanan kucing kemasan beragam. Ada yang kering dan ada juga yang basah. Untuk makanan yang menyerupai pakan kucing asli adalah makanan basah sayangnya harganya cukup mahal dan hanya bisa diberikan dalam satu kali makan saja karena akan mudah basi jika dibiarkan dalam suhu ruang terlalu lama. Saat ini kucing banyak dipelihara karena tingkahnya yang menggemaskan. Kucing juga mudah dilatih dan penurut sehingga bisa dijadikan sebagai teman setia keluarga. Untuk membuat kucing sehat dan energik membutuhkan perawatan yang tepat. Salah satu perawatan yang harus diperhatikan adalah jenis pakan kucing yang diberikan.

Untuk pemberian pakan ini harus disesuaikan dengan usia dan juga riwayat kesehatan. Kucing yang mengalami masalah kesehatan seperti infeksi saluran kencing maka Anda bisa memberikan pakan khusus yang mana bisa meringankan penyakitnya tersebut. Selain memilih jenis makanan kucing yang tepat, Anda juga harus tahu bagaimana penyimpanan pakan yang baik dan benar terutama pakan basah seperti berikut ini:

Wadah Pakan di Atas Air
Wet food yang dijual di pasaran bentuknya kemasan plastik yang porsinya hanya sekali makan. Oleh sebab itu saat Anda memberi wet food yang porsi sekali makan pastikan jika membuangnya harus ke tempat sampah tujuannya agar kucing tidak menjilati bungkus dari makanan basah tersebut. Jika kucing tidak bisa memakan habis makanannya usahakan agar tidak didatangi semut dan menjaga kondisi pakannya tetap bagus. Cara terbaik adalah dengan meletakkan waadah pakan tersebut di atas air. Dengan begitu semut tidak akan berani mendekati pakan.

Tutup Kemasan Rapat
Selain wet food dengan kemasan plastik, ada juga wet food yang dijual dalam kemasan kaleng. Untuk wet food ini pastikan jika Anda menutup rapat agar pakan basah tersebut tidak terlalu banyak terpapar dengan udara. Terlalu banyak terpapar dengan udara hanya akan membuat kondisi pakan menjadi berubah segi tekstur dan rasanya.

Masukkan ke Kulkas
Tips penyimpanan wet food selanjutnya adalah masukkan ke dalam kulkas. Yang harus Anda ketahui adalah wet food yang ukurannya besar ini tidak akan habis sekali makan sehingga penyimpanan yang salah hanya membuat tekstur dan rasanya berubah. Anda bisa menyimpan pakan tersebut ke dalam kulkas dengan umur penyimpanan 1 sampai dengan 5 hari. Jangan menyimpan pakan lebih dari 5 hari karena tidak akan bagus untuk kesehatan kucing tersebut.

Jaga Kebersihan
Jagalah kebersihan di dalam kemasan wet food maupun area yang ada di sekitar makanan. Usahakan untuk jangan membiarkan makanan kucing basah tercecer di lantai. Jika ada yang berceceran Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan kain dan lap agar semut tidak menghampiri. Untuk pengambilan wet food gunakanlah sendok agar tidak ada bakteri yang tertinggal di kemasan.

Pakan kucing basah membutuhkan perawatan dan penyimpanan khusus. Lakukanlah beberapa tips di atas agar makanan kucing basah Anda awet dan tetap terjaga tekstur maupun rasanya sehingga pakan tersebut masih layak untuk diberikan ke kucing kesayangan Anda.

Return to “Pengendalian Mutu”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 0 guests