Mengajari Anak Mengenal Alam Melalui Berkebun

Pendidikan Karakter Anak, segala tentang karakter anak dan yang berhubungan pendidikan untuk anak disini tempatnya
adi.t
Posts: 28
Joined: Thu Oct 16, 2014 12:58 pm

Mengajari Anak Mengenal Alam Melalui Berkebun

Postby adi.t » Wed Jul 01, 2015 2:57 pm

Image

Banyak sekolah pendidikan anak usia dini yang yang mengajari anak-anak untuk bekerja dan bermain di kebun untuk mengenal alam. Anak-anak berpartisipasi dalam penanaman pohon, memetik gulma, penyiraman tanaman, dan belajar berbagai teknik pengomposan. Anak-anak belajar tentang alam saat berinteraksi dan bekerja di kebun.
Tujuan dari kegiatan berkebun untuk sekolah PAUD adalah untuk menginspirasi anak-anak mengembangkan hubungan yang sehat antara manusia dengan lingkungannya. Bekerja di kebun akan mengembangkan pikiran dan tubuh mereka melalui aktivitas fisik, berkebun akan mengekspos mereka untuk melihat keajaiban alam, dan akan memberikan kesempatan pada anak-anak untuk bermain kreatif dan spontan.
Berkebun mendorong pengembangan kebiasaan dan sikap mencintai lingkungan seumur hidup yang dapat menyebabkan menciptakan masa depan yang berkelanjutan. Dengan menghabiskan waktu di taman, anak-anak akan mendapatkan pengalaman untuk belajar tentang dari mana makanan berasal dan belajar tentang siklus alam. Berkebun mendorong anak-anak untuk berhubungan dengan diri mereka sendiri dan lingkungan alam. Kegiatan berkebun memungkinkan mereka mendapatkan pengalaman penuh dengan dunia di sekitar mereka, serta belajar tentang bagaimana tanaman tumbuh dan berkembang dapat mempengaruhi mereka dan masa depan mereka.
Membangun taman merupakan cara yang ideal untuk anak-anak terlibat secara aktif menanam sayuran dan bunga milik mereka sendiri. Diskusi tentang pentingnya konservasi air merupakan bagian alami dari proses ini. Hal ini penting bagi anak untuk belajar hal-hal tersebut dari muda sehingga mereka dapat menggunakan keterampilan ini saat mereka tumbuh dewasa. Anak-anak ini bisa menciptakan sesuatu dari nol dan belajar bagaimana rasanya membuat sesuatu untuk diri sendiri. Dan itu sangat menyenangkan ketika Anda dapat makan atau berbagi dengan orang lain.
Kegiatan pengomposan memungkinkan anak-anak untuk belajar tentang bagaimana makanan dan limbah tanaman dapat berubah menjadi sesuatu yang berguna, kotoran dapat digunakan kembali untuk memelihara bumi dan tanaman yang baru tumbuh. Mereka juga belajar tentang ilmu ekologi dan pengelolaan lingkungan melalui program ini. Anak-anak bisa belajar semua tentang siklus alam dan bagaimana daur ulang dapat menjadi hal terbaik untuk alam kita.
Guru dan orang tua menekankan pentingnya gerakan untuk perkembangan kognitif pada anak-anak. Kegiatan berkebun adalah aktifitas terbaik untuk perkembangan kognitif anak. Anak-anak bisa menjadi aktif di alam dan mereka membiarkan kreativitas dan energi mereka bebas karena mereka merencanakan sebuah taman yang indah. Gerakan kreatif adalah cara yang menyenangkan bagi anak-anak untuk mengembangkan keterampilanfisik, energi, merangsang imajinasi dan meningkatkan kreativitas. Berkebun adalah skill yang sempurna untuk seorang anak memperoleh hidup yang aktif dan sehat.

gatot
Posts: 14
Joined: Mon Jun 01, 2015 2:50 pm

Re: Mengajari Anak Mengenal Alam Melalui Berkebun

Postby gatot » Mon Jul 13, 2015 1:34 pm

Ya saya setuju ini merupakan langkah yang positif, karena saat ini terlebih di Jakarta sebagai ibukota indonesia sudah sangat tidak asri, karena tidak adanya lahan hijau, jangankan lahan hijau, taman ataupun tempat untuk berkebun saja sangat kecil kemungkinan bisa ditemukan. Dan demi terjaganya kelangsungan hidup generasi baru saya sangat sangat sangat setuju dengan mengajari anak mengenal alam, karena anak bisa mendapatkan sesuatu yang sangat bermanfaat dan mengetahui bahwa hidup itu harus seimbang sehingga kemungkinan untuk merusak alam jadi kecil. Selain itu anak juga akan sehat dan mempunyai pengetahuan yang sangat luas. Saya kira ini harus diajarkan sejak kecil, dan apabila memungkinkan sekolah-sekolah dari Tk dan SD juga harus memberikan pemahaman dan prakteknya, atau diberikan mata pelajaran yang khusus. It's be better. Semoga banyak orang yang akan menyadari hal ini dan membacanya, :)
Lesmatematikaakong merupakan seorang guru les privat yang mengajarkan berbagai materi international school seperti International Baccalaureate Diploma in Jakarta

flair666
Posts: 11
Joined: Sat May 06, 2017 6:09 pm
Location: Jakarta

Re: Mengajari Anak Mengenal Alam Melalui Berkebun

Postby flair666 » Sat May 06, 2017 6:19 pm

Tapi sayang, untuk anak-anak yang tinggal di kota besar sepert jakarta, hal itu cukup sulit untuk dilakukan. Kecuali kalau di sekolahnya sendiri menyediakan lahan yang luas untuk berkebun. Tergantung bagaimana kreatifitas guru dan orangtua.
We are the one of an International School in Jakarta that use Singapore Curriculum


Return to “Pendidikan Karakter Anak”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 0 guests